Waktu adalah alat penyeimbang yang paling hebat, karena setiap orang punya angka yang hampir sama setiap harinya. Tapi bagi kebanyakan pekerja, waktu yang tersedia umumnya jauh lebih sedikit dari yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas. Meski begitu, dengan kreativitas, kita bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat. Termasuk tugas-tugas penting, yang mempercepat keberhasilan Anda.

Mulai dengan terfokus

Saat pekerjaan menumpuk, kita pasti langsung dihinggapi stress. Tapi saat kits merasa tugas yang dihadapi menyenangkan, tekanan itu akan hilang dan kita mampu bekerja dengan cepat. Untuk itu, ambillah beberapa menit untuk menenangkan did dan mengorganisir pikiran. Layaknya bermeditasi, kosongkan pikiran, fokuskan, lalu tingkatkan enerji dan perspektif kita. Cara ini akan membantu kita lebih produktif.

Isi hari dengan berbagai ide

Ambillah sebuah kertas - apa saja, lalu tulis apapun yang harus dikerjakan hari ini. Biarkan pikiran Anda berputar, dan tuliskan semua. Sebagai hasil kreatif, jangan pernah mengkritik ide-ide Anda sendiri - jangan mencari hal-hal yang tak bisa atau tak harus Anda lakukan. Intinya, semua hal penting sudah di tulis di kertas.

Buat daftar aturan 80/20

Buatlah aturan 80/20 yang harus dipatuhi. Ingat, 80 persen adalah tugas yang diselesaikan dan 20 persennya yang tengah diusahakan. Langkah ini akan membuat hari-hari Anda terfokus, untuk menyelesaikan semua tugas sesuai tenggat waktu.

Kelompokkan

Untuk setiap aktivitas yang kurang lebih sama, Anda bisa mengelompokkannya ke dalam satu kategiori. Cara ini akan membuat lebih terfokus dan temotivasi dalam mengerjakannya, atau mungkin akan membuat Anda sadar bahwa pekerjaan itu tak seberat yang diduga. Buat pertanyaan-pertanyaan juga membantu kita mendapatkan hasil yang diinginkan, terutama jika tugas itu tak terlalu kita sukai.

Pisahkan

Pisahkan setiap kelompok yang ada di daftar itu. Pecahkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sehingga kita tetap bisa menyelesaikannya satu persatu. Seberapa besar tugas yang dikerjakan, tergantung cara kerja Anda. Misalnya, setiap pekerjaan harus kita selesaikan dalam waktu 15 menit hingga satu jam, atau lainnya.

Buat daftar prioritas

Prioritaskan setiap tugas di daftar. Sederhananya, lihat daftar dan tanya diri sendiri 'di sore hari nanti, apa yang terakhir ada di daftar dan jika selesai, apa dampak positif bagiku?' Jawabannya akan menjadi prioritas pertama Anda, terus lalukan pertanyakan pada tugas-tugas lain di daftar itu - hingga semuanya selesai.

Jadualkan aktivitas itu

Saat memisahkan tugas satu persatu, jadwalkan berapa lama harus selesai. Tepati jadwal itu. Ada dua pendekatan yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan tugas paling penting dikerjakan lebih dulu, begitu juga dengan yang kedua dan seterusnya. Anda juga bisa menjadwalkan prioritas utama itu, pada jam-jam paling produktif. Kapan jam produktif itu, hanya Anda sendiri yang mengetahuinya. Intinya, lakukan tugas terberat pada saat Anda tengah bersemangat. Meski membuktikan keseriusan kita, namun bila kita mengerjakan tugas berat di pagi hari (waktu produktif paling umum banyak orang) berarti kita tengah menempuh risiko besar - sebab bisa jadi pekerjaan lainnya tersisihkan.

Biarkan mengalir

Hati-hati mencuri waktu dengan mengerjakan hal lain, bila ingin aturan 80/ 20 ditepati. Pastikan untuk memprioritaskan dan mengevaluasi tugas baru yang datang. Jangan mengorbankan waktu dengan menggantinya dengan tugas yang tak terlalu penting. Di saat yang sama, tetap buka pikiran dan kemauan untuk terus mengerjakan tugas-tugas itu.

Selesaikan dalam satu hari

Tepati daftar dan jadwal yang telah dibuat, jangan biarkan satu tugas berat mengorbankan tugas lainnya. Upayakan untuk selesai di hari yang sama, sehingga perhatian Anda terkonsentrasi pada tugas itu. Pindahkan semua hal yang bisa mengganggu konsentrasi Anda. Kalau perlu, Anda bisa mengambil lembur agar Anda dapat bekerja tanpa gangguan apapun.